Connect with us

NEWS

Strategi PR Pilihan Dato Sri Tahir untuk Merestorasi Citranya

Published

on

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir, MBA adalah seorang pengusaha di Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia.

Oleh : Budi Purnomo Karjodihardjo

DISADARI atau tidak oleh Dato Sri Tahir — dalam pandangan saya, Tahir sudah sangat tepat dalam melakukan strategi komunikasi dan langkah-langkah public relations untuk melakukan image restoration (pemulihan citra atau restorasi citra) yang dihadapinya.

Tahir adalah pendiri kelompok bisnis Mayapada Group, yang termasuk Orang Terkaya Indonesia Nomor 7 versi media Forbes, dia juga menantu Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Tahir baru saja diangkat menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres RI) Jokowi.

Masalah Inkonsistensi Informasi

Seperti yang diketahui, ada masalah komunikasi dalam sinkronisasi informasi, terutama saat beliau menanggapi pers terkait Jiwasraya, meskipun dalam hal ini bisa dipastikan bahwa Tahir sama sekali tidak terkait ataupun tersangkut dengan urusan Jiwasraya. Tidak ada hubungannya.

Namun berdasarkan data online, terlihat ada inkonsistensi antara pernyataan Tahir dengan fakta yang berkembang di pasar modal pada saat itu. Tahir pernah mengatakan pihaknya tidak pernah mau membeli saham maupun akuisisi dari siapapun.

“Jadi itu hoax total. Kami tidak pernah ada rencana mau beli atau ambil alih saham, siapapun. Termasuk saham-saham milik Pak Benny [Direktur Utama MYRX Benny Tjokrosaputro], apapun namanya,” ucap Tahir.

Statemen Tahir itu muncul di dalam berita yang dipublikasikan media Bisnis.com edisi 27 Desember 2019, dengan judul “Mayapada Group Tegaskan Tak Terkait dengan Kasus Jiwasraya“.

Sementara itu, dalam keterbukaan informasi di situs Bursa Efek Indonesia pada 17 Desember 2019, manajemen Hanson mengumumkan rencana menjual 49,99 persen saham perseroan di anak usahanya, PT Mandiri Mega Jaya. Saham itu akan dibeli oleh emiten properti yang terafiliasi dengan Grup Mayapada, PT Maha Properti Indonesia Tbk. (MPRO).

Mandiri Mega Jaya merupakan anak usaha Hanson yang menggarap proyek properti Citra Maja Raya, di Maja, Lebak, Banten. Dalam proyek itu, Mandiri Mega menjalin kerja sama operasional dengan PT Ciputra Development Tbk. dan PT Bhuwanatala Indah Permai Tbk (BIPP).

Selain Hanson International, Rimo International Lestari juga berencana melego sebagian saham dalam anak usahanya kepada Maha Properti. Perusahaan yang juga terafiliasi dengan Benny Tjokrosaputro (atau Benny Tjokro) itu berencana melepas 49,99 persen saham miliknya dalam PT Hokindo Properti Investama.

Berbagai berita media bisnis, pun kemudian mengutip pengumuman ini, dan mempublikasikan judul berbeda-beda. Meskipun judulnya berbeda, namun poinnya sama saja, yaitu ada rencana corporate action perusahaan milik Tahir dan Benny Tjokro, di bursa efek. Berbagai media mempublikasikan hal ini, contohnya :

Media Kontan.co.id, edisi 17 Desember 2019, menulis berita dengan judul “Emiten Properti Milik Keluarga Dato’ Sri Tahir Beli Perusahaan Benny Tjokro“.
Media CNBCindonesia.com edisi 18 Desember 2019, juga membuat berita dengan judul “Tahir akan Akuisisi Anak Perusahaan Benny Tjokro”
Berbagai media lainnya, silahkan googling.

Sedangkan hal lainnya yang terpisah dengan hal ini, namun menyangkut skandal Jiwasraya, Kejaksaan Agung pada 14 Januari 2020, sudah menetapkan 5 orang tersangka kasus korupsi Jiwasraya, termasuk Benny Tjokro.

Pernyataan Dato Sri Tahir

Pasca rencana corporate action dua konglomerat ini, tidak termonitor ada pernyataan resmi dari pihak Tahir seputar rencana corporate action dari perusahaan-perusahaan Tahir ataupun Benny Tjokro, hingga akhirnya Kejaksaan Agung menetapkan Benny Tjokro menjadi tersangka skandal Jiwasraya.

Pasca pengumuman Kejagung, akhirnya Tahir membuat pernyataan signifikan yang sangat material dan penting. Jika dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi, bisa jadi menjadi bahan keterbukaan informasi atau fakta material emiten.

Media Tempo, edisi Minggu, 17 Januari 2020, menulis berita dengan judul “Dato Tahir Batalkan MoU dengan Perusahaan Tersangka Jiwasraya”.

Setidaknya, ada tiga poin yang disampaikan Tahir di media ini. Pertama, membantah perusahaannya akan membeli saham PT Hanson International Tbk (kode perdagangan di Bursa Efek Indonesia MYRX), milik tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Benny Tjokrosaputro.

“Tidak mungkin terjadi itu. Coba dicek lagi, tidak pernah terjadi pembelian Hanson,” kata dia saat dihubungi Tempo, Ahad, (19/1/2020).

Kedua, Tahir mengakui Grup Mayapada pada Desember lalu pernah mengumumkan rencana pembelian saham Hanson di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia.

Namun, kata dia, rencana pembelian tersebut baru sebatas nota kesepahaman. “Setelah MoU tidak ditindaklanjuti lagi,” kata dia.

Ketiga, Tahir mengatakan, pertimbangan utama manajemen adalah lesunya bisnis properti saat ini, jadi tidak terkait dengan kasus dugaan korupsi Jiwasraya yang melibatkan Komisaris Utama Hanson Internasional, Benny Tjokro.

Corective Action Strategy

Nah, dalam ilmu komunikasi, terutama Teori Pemulihan Citra (Image Restoration Theory), apa yang dilakukan Tahir termasuk dalam dalam Strategi Corrective Action.

Corrective Action Strategy adalah strategi pemulihan citra dengan melakukan tindakan korektif, dimana pihak tertuduh berusaha untuk mengembalikan citranya dengan tindakan memperbaiki kegiatan yang sudah dilakukan, atau yang akan dilakukan.

Yang dilakukan Tahir, lebih dari itu. Dia melakukan tindakan korektif total dengan membatalkan corporate action perusahaannya di bursa efek. Menurut saya, langkah ini akan mengembalikan reputasi citranya menjadi lebih baik lagi, minimal seperti semula.

Begitulah. Strategi Corrective Action ini merupakan salah satu dari lima strategi atau jalan keluar untuk pemulihan citra, seperti yang ditawarkan oleh pencetus teori ini, yaitu Profesor Ohio University yaitu William Benoitt dalam bukunya “Account, Excuses, and Apologies” (1995).

Empat strategi lainnya yang dipercaya Benoitt bisa menjadi jalan keluar untuk memulihkan citra, adalah :

Denial Strategy. Strategi ini dilakukan dengan upaya penolakan sebagai reaksi alami terhadap sebuah tuduhan. Caranya dengan membantah sudah melakukan tindakan yang ditudingkan.

Evading of Responsibility Strategy. Penghindaran tanggung jawab terhadap tindakan tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi tanggung jawab terhadap tindakan yang dimaksud, dengan berbagai alasan yang argumentatif.

Reducing offensiveness of Event Strategy. Pada strategi ini, Benoit membuat pihak tertuduh (sekelompok orang/individu yang melakukan sebuah kesalahan) terlihat patut diberikan keringanan, dengan berbagai alasan dan argumentasi yang tepat.
Mortification Strategy. Benoit menyebutkan strategi penyiksaan diri. Pihak tertuduh ini dapat memilih untuk mengakui kesalahan dan meminta pengampunan atau minta maaf.

Reputasi Lebih Penting daripada Uang

Siapapun tokoh yang disangkutpautkan dengan Asuransi Jiwasraya (meskipun tidak ada kaitannya) maka nama baik, reputasi, dan citra tokoh tersebut akan terganggu. Indeks reputasinya berpotensi turun.

Sudah jelas, hal ini memerlukan langkah, tindakan, dan upaya image restoration (pemulihan citra atau reputation repair) yang tepat.

Tahir sudah mengambil momentum yang tepat untuk memulihkan citranya, memperbaiki reputasi dan nama baiknya dengan konten yang relevan dan waktu yang sangat tepat.

Tidak semua orang bisa mengambil tindakan seperti beliau. Sebagai owner perusahaan, Tahir memiliki kekuasaan untuk membatalkan transaksi raksasa tersebut.

Pasti mahal sekali biaya reputasi citra untuk memisahkan diri dari Benny Tjokro yang tersangkut skandal Jiwasraya. Potensial gain yang kemungkinan akan diperoleh (jika terjadi transaksi) tentu juga besar sekali. Tahir, pasti sudah memperhitungkan semuanya ini.

Namun, sepertinya Tahir juga sepakat dengan investor pasar modal internasional Warren Buffett yang menyebutkan bahwa reputasi lebih penting daripada uang. Sehingga beliau memutuskan untuk tidak bertransaksi dengan Benny Tjokro.

Sukses selalu untuk pak Tahir — yang juga tokoh Filantropi Indonesia itu. (*)

Budi Purnomo S.IKom, M.IKom pernah memimpin Media Center sejumlah tokoh nasional, dan berpengalaman menangani masalah krisis citra, persepsi publik, dan reputasi : baik korporasi swasta, perusahaan publik, maupun BUMN. Tulisan-tulisannya seputar manajemen reputasi dan restorasi citra bisa dilihat di blog Budipurnomo.com

Kini, Budi Purnomo bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) – Media Restoration Agency, Sapu Langit Communications, dan tim Master SEO Indonesia, menyediakan waktu untuk membantu personal dan korporasi/instansi yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM), Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT).


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

POLITIK & HUKUM

Menteri BUMN Erick Thohir Diminta Copot Dirut KAI, Begini Alasannya

Published

on

Direktut Utama PT Kereta Api Indonesia KAI (Persero), Edi Sukmoro. (Foto : Instagram @osingdeles)

Sumutraya.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didesak untuk mencopot Edi Sukmoro dari jabatannya sebagai Direktut Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Edi dituding telah melakukan pelecehan dan kejahatan terhadap undang-undang, serta pelecehan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo terkait investasi.

“Kami mohon kepada bapak Menteri BUMN untuk segera memberhentikan Edi Sukmoro dari jabatannya selaku Direktur Utama PT KAI,” tegas advokat Kapitra Ampera selaku kuasa hukum PT Priamanaya Transportasi dan PT Dizamatra Powerindo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Ia juga menuding orang nomor satu di KAI itu telah melakukan perbuatan sewenang-wenang menghambat investasi yang akan dilakukan oleh kliennya di proyek pembangunan rel keret api interkoneksi di Provinsi Sumatera Selatan.

Kapitra juga menudung Dirut KAI ini melanggar surat persetujuan dari Menteri BUMN Nomor S-18/MBU/01/2020 tanggal 8 Januari 2020 yang pada intinya menyetujui kerjasama pembangunan prasarana pendukung angkutan batubara dan kerjasama sewa lahan bagi pembangunan container yard.

Ia mengklaim kedua kliennya sudah mengantongi seluruh izin prinsip dan penerapan trase perkeretapiaan khusus pada tahun 2014 dan 2015. Bahkan, untuk menjalankan proyek ini, pihak Priamanaya sudah menyiapkan investasi sebesar USD400 juta. Dari nilai investasi tersebut, perusahaan yang bergerak disektor tranportasi ini bisa mengangkut batubara sebesar 10 ribu ton per tahun untuk kebutuhan PLN.

Namun sayang, hingga saat ini KAI melalui Dirutnya Edi Sukmoro belum juga memberilkan persetujuan dan izin operasional bagi perusahaan milik pengusaha Djan Faridz tanpa disertai alasan. Akibatnya, Kapitra memperkirakan negara kehilangan potensi pendapatan negara bukan pajak (PNPB) berupa royalti sebesar Rp362 miliar per tahun.

“Negara juga berpotensi kehilangan pendapatan dari pajak (PPN dan PPh) sekitar Rp374 miliar per tahun dari penjualan batu bara,” beber Kapitra.

Terkait potensial lost dari Dizamatra, negara kehilangan pendapatan sekitar Rp195 miliar di tahun pertama dan sebesar Rp390 milair mulai tahun ke-3 sampai ke tahun 20. “Perbuatan Dirut KAI ini telah melanggar ketentuan perundangan-undangan dan menyebabkan kerugian negara akibat hilangnya potensi pendapatan yang seharusnya didapatkan,” pungkas Kapitra.

Sementara ketika hal ini dikonfirmasi, Vice President Public Relations KAI, Yuskal Setiawan belum bisa memberikan komentar apapun terkait tudingan tersebut. Melalui pesan aplikasi, Yuskal mengatakan, akan mengecek terlebih dulu proyek yang dimaksud.

“Kami cek dulu ya, karena ini 5 tahun yang lalu, setahu saya setiap pekerjaan yang dilaksanakan harus sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya kepada wartapenanews.com. (war)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NEWS

Skye Restaurant and Lounge Nikmati Indahnya Jakarta Waktu Malam di Skye Bar Restaurant

Published

on

Skye Restaurant ini memiliki tempat yang luas baik indoor maupun outdoor.

Sumutraya.com, Jakarta – Bagi warga Jakarta yang sehari-harinya sibuk dan lelah dengan beban pekerjaan serta kemacetan, mencari hiburan untuk sekedar melepas penat adalah hal yang wajar. Salah satu alternatif tempat seru untuk melepas penat sekaligus hangout bareng teman adalah Skye Restaurant. Tempat yang satu ini dipastikan bakal membuat kamu ingin balik lagi karena menawarkan sesuatu yang keren.

Kamu bisa janjian makan siang atau makan malam dengan teman atau orang terdekatmu dengan suasana romantis di tempat ini. Jika ingin menikmati indahnya ibukota dan pemandangan Jakarta pada malam hari yang spektakuler, sebaiknya kamu melakukan reservasi di tempat untuk datang pada malam hari.

Mengenal Skye Restaurant and Lounge Secara Sekilas

Jika kamu ingin menikmati makan siang atau makan malam kamu dengan suasana yang berbeda, datang saja ke tempat ini karena restoran ini bukan restoran biasa pada umumnya. Skye Restaurant menawarkan sesuatu yang lebih dari hanya sekedar tempat makan dan minum. Suasana, desain ruang, menu serta konsep yang ditawarkan oleh tempat ini dijamin bakal membuat kamu balik lagi untuk bisa menikmati lebih lagi.

Konsep dan Suasana Skye Restaurant

Resto yang beralamat di Menara BCA Lantai 56, Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat ini memiliki tempat yang luas baik indoor maupun outdoor. Kamu bisa langsung menuju lokasi dari Menara BCA ke lantai 56 maupun melalui Gramedia Lt. 3. Untuk tempat makan di dalam ruangan (indoor) berupa restaurant dan bar yang dapat kamu pilih sebagai lokasi makan siang atau makan malam kamu. Sedangkan untuk bagian outdoornya dimanfaatkan sebagai bistro pada siang hari dan berubah menjadi lounge bila malam tiba.

Desain interior serta arsitektur tempat ini banyak mendapat pengaruh dari Amerika Latin. Di bagian outdoor terdapat kolam dan jacuzzi dengan air berwarna biru dan hiasan berupa matahari di dasar kolam. Tempat ini merupakan tempat favorit untuk menikmati kerlap kerlip indahnya Jakarta di malam hari.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati cemilan dan minuman yang sudah dipesan untuk melepas penatmu. Pemandangan kota Jakarta di malam hari yang luar biasa indah pastinya akan membuatmu terpesona.

Skye Jakarta Menu

Jika kamu ingin bersantap atau sekedar hangout di tempat ini, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Tempat ini menyajikan masakan Jepang, Asia Tenggara, Italia, Meksiko dan masakan internasional lainnya. Buat kamu yang vegetarian, tidak perlu kuatir untuk bersantap di sini karena tersedia menu makanan yang sesuai untuk seorang vegetarian.

Contoh menu yang menjadi andalan resto ini antara lain Beef Short Ribs, Crispy Shrimp Tacos, Tuna Feuillette, Crispy Oatmeal Prawns dan masih banyak lagi. Harga makanan yang ditawarkan di Skye yang dapat kamu temukan di Traveloka Eats berkisar antara Rp200.000 sampai Rp500.000 per kepala. Jika ingin duduk di sofa di depan kolam renang, ada minimum pembelian adalah senilai Rp1.200.000

Jam buka restoran ini mulai pukul 17:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB pada hari Minggu sampai Kamis. Khusus untuk hari Jum’at resto ini buka mulai pukul 17:00 hingga pukul 24:00 WIB.

Peraturan Skye Restaurant

Buat kamu yang belum pernah mengunjungi tempat ini, perhatikan bahwa ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi ketika bersantap di sana, antara lain:

  • Untuk bisa menikmati Lounge harus berumur minimal 19 tahun yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku
  • Dilarang menggunakan celana pendek, sandal jepit maupun sandal biasa. Harus rapi menggunakan sepatu.
  • Dilarang mengenakan tanktop ataupun singlet
  • Untuk wanita harus mengenakan gaun atau pakaian formal
  • Untuk laki-laki pakaian semi-formal, tidak boleh menggunakan kaos

Bagaimana? Seru kan? Pastikan kamu segera melakukan reservasi untuk melepas penat dan menikmati indahnya Jakarta di malam hari di laki-laki di Skye Restaurant. Kamu bisa cari informasi selengkapnya di Traveloka Eats dan dapatkan berbagai macam promonya. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BALAIKOTA

Manchester City Tetap Favorit Liga Champions

Published

on

Manchester City masih bertengger di posisi dua klasemen Liga Inggris dengan 51 poin dari 25 pertandingan.

Sumutraya.com, Inggris – Walau tertinggal 22 poin dari Liverpool sang pemuncak klasemen sementara liga Inggris, Manchester City tetap menjadi tim favorit untuk mampu menyabet trofi si Kuping Kembar.

Di undian babak 16 besar Liga Champions Man City akan berduel sengit dengan raksasa Spanyol yaitu Real Madrid, tim yang sudah 13 kali memenangi trofi akbar tersebut, terbanyak dari semua klub di Eropa.

Oleh karena itu semua mata tertuju pada partai besar ini, sang juara bertahan Liga Inggris melawan pengoleksi terbanyak Liga Champions.

Perang urat syaraf pun telah dilancarkan. Eks penyerang Man City, Shaun Goater mengatakan Real Madrid sebaiknya berhati-hati lantaran ada sosok Pep Guardiola.

“Tidak ada manajer yang lebih baik dari pada Guardiola. Jadi, Real Madrid akan sedikit ketakutan” katanya seperti dilansir situs UEFA.

Memang jika dilihat dari sejarah Pep Guardiola tercatat sebagai pelatih yang paling sering mengalahkan klub ibu kita Spanyol tersebut, dengan membukukan 9 kemenangan atas Real Madrid.

Duel Manchester City vs Real Madrid kali ini diprediksi berlangsung amat seru, jika dilihat dari komposisi pemain dan pelatih dari kedua tim tersebut.

Pertandingan leg pertama akan digelar di Santiago Bernabue pada 27 Februari 2020 dan, leg kedua digelar di Etihad Stadium pada 18 Maret 2020.

Menjuarai Liga Champions bisa jadi penyelamat wajah Guardiola , karena pada musim ini peluang The Cityzens untuk mempertahankan Liga Inggris sangat kecil karena mereka sudah tertingal 22 poin dari Liverpool. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending