Connect with us

NEWS

STRATEGI MEMBERSIHKAN “POLUSI” DI MEDIA ONLINE DAN MEDSOS

Published

on

Harga saham perusahaan publik yang rontok di bursa efek bisa menimbulkan kerugian yang sangat signifikan bagi para pemegang saham, termasuk ribuan investor kecil.

Oleh : Budi Purnomo Karjodihardjo

SEIRING dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, media online, atau digital (internet) dan media sosial (medsos) telah menjadi kendaraan yang paling ngebut dalam hal distribusikan berita dan informasi.

Sayangnya, bukan hanya kabar baik dan berita positif yang menyebar di media online dan medsos. Namun, kabar buruk, berita negatif, berita hitam, dan hoaks pun meluncur dengan cepat mencemari dunia online ini.

Di pasar modal pun demikian. Rumor positif dan rumor negatif juga membuat polusi udara di pasar modal dan tentunya sangat mengganggu mekanisme pasar, mengingat rumor termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham. Pepatah kuno yang populer di bursa saham, yaitu “buy on rumors, sell on news” memiliki andil sangat besar dalam menyuburkan eksistensi rumor ini.

Rumor adalah sepotong informasi yang belum diverifikasi sumbernya, sehingga belum tentu kebenarannya. Rumor menyebar dari mulut ke mulut, bukan dari sumber resmi tetapi sumbernya tidak jelas. Dengan demikian rumor sebenarnya sudah memiliki konotasi yang negatif. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan jika perusahaan publik (emiten) diserang rumor negatif di media online dan media sosial?

Memasuki Tahapan Krisis

Jika rumor negatif menyerang perusahaan publik, semua jajaran manajemen harus hati-hati. Tim corporate secretary dan tim public relations harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan. Bukan tidak mungkin, kondisi perusahaan publik sedang memasuki suatu tahapan krisis akibat serangan rumor negatif, yang memerlukan penanganan komunikasi yang sangat serius.

Pasar saham ini sangat rawan akan info-info manipulatif, berita negatif, ataupun rumor negatif. Bahkan cuma isu saja – yang entah darimana sumbernya, bisa memengaruhi kenaikan atau penurunan harga saham. Saham-saham yang diterpa rumor biasanya langsung bereaksi di pasar. Jika rumor yang beredar sifatnya negatif, maka biasanya harga saham akan turun.

Harga saham perusahaan publik yang rontok di bursa efek bisa menimbulkan kerugian yang sangat signifikan bagi para pemegang saham, termasuk ribuan investor kecil. Itulah bahayanya pengaruh rumor negatif di dunia online terhadap harga saham. Hanya gara-gara cuitan di medsos atau secuil kalimat di berita online, perusahan publik bisa rusak nama baiknya, hancur reputasinya, dan citranya terpuruk.

Belum lagi, jika cuitan negatif di medsos ini disambut oleh media-media mainstream secara serentak, maka krisis kecil yang sebelumnya “tidak dianggap” kini menjadi kebakaran besar yang harus segera dipadamkan.

Sebaiknya jangan anggap enteng rumor. Apa pun rumornya, terutama rumor negatif di medsos atau di media online, sekecil apa pun juga bentuknya, harus segera diatasi. Krisis kecil yang dibiarkan bisa merobek reputasi perusahaan publik. Apalagi jika besar, bisa jadi meluluhlantakkan reputasi emiten yang sudah dibangun puluhan tahun.

Yang Harus Dilakukan

Tidak ada jalan lain, Tim Komunikasi (Corporate Secretary atau Corporate Communications, ataupun Public Relations) harus segera memulihkan nama baik dan melakukan restorasi reputasi (image restoration).Hal tersebut harus dilakukan agar di kemudian hari memudahkan untuk mengangkat citra perusahaan publik kembali, ke posisi seperti waktu berkibar. Tidak ada cara yang luar biasa yang bisa dilakukan lagi, karena yang terpenting adalah bagaimana  agar api krisis  segera dipadamkan dengan segera, secara cepat dan tepat.

Tim Komunikasi untuk sementara akan berubah menjadi menjadi Tim Komunikasi Krisis yang akan menjadi kepanjangan tangan perusahaan untuk menjelaskan berbagai hal terkait dengan kondisi krisis yang sedang terjadi.

Tim Komunikasi bisa menjelaskan hal yang terjadi kepada stakeholders (pemangku kepentingan) terutama kepada media, mitra bisnis, konsumen, dan pihak terkait lainnya, sesuai dengan prinsip-prisip keterbukaan informasi publik. Sedangkan CEO dan manajemen bisa lebih fokus memberikan penjelasan kepada para share holder (pemegang saham).

Tim Komunikasi ini harus bergerak cepat mengambil jalan terbaik untuk mengamputasi krisis ini, dengan tata kelola komunikasi dan strategi public relations yang baik agar reputation repair ini pulih kembali. Tim Komunikasi yang khusus menangani urusan seperti di atas, saya sebut sebagai Tim Sapu Jagat.

Tim Sapu Langit

Tim Sapu Langit adalah Tim Komunikasi yang menangani pencemaran udara atau polusi rumor (dan berita negatif) di dunia online, yang ada di media siber atau media sosial. Tim ini di dunia komunikasi disebut juga sebagai Online Reputation Management (ORM) yang saat ini sedang berkembang dengan pesat. Inilah Tim Sapu Langit yang menjadi ujung tombak dan obat mujarab untuk memulihkan reputasi dan merestorasi citra perusahaan publik setelah serangan rumor negatif.

ORM merupakan strategi untuk mengontrol segala interaksi, aktivitas, dan feedback terhadap brand (merek, korporasi atau tokoh), khususnya yang terjadi di dunia digital. Tujuannya adalah agar reputasi online (atau reputasi siber, atau reputasi digital) perusahaan publik tetap terjaga dengan baik, atau menjadi lebih baik di mata publik.

Cara pandang netizen melihat atau persepsi (termasuk rumor) terhadap korporasi/Anda dianalisa seberapa besar daya rusaknya terhadap reputasi. Munculnya rumor negatif ataupun sentimen negatif, khususnya di digital (mesin pencari Google) dapat menjadi ancaman reputasi, karena dapat berpengaruh negatif terhadap reputasi korporasi/Anda sendiri.

Di seluruh dunia, ORM sangat efektif untuk melawan propaganda negatif dari kompetitor yang menyerang secara online dari berbagai penjuru. Tidak bisa dipungkiri bahwa di era internet ini persaingan ketat terjadi di segala bidang, khususnya di dunia bisnis. Jadi, kemungkinan adanya rumor negatif, propaganda, negative campaign, black campaign atau hoaks mungkin saja terjadi.

Singkirkan Rumor Negatif

Caranya? Nah, ini sudah masuk ke ranah teknis. Poinnya adalah bagaimana semua rumor negatif bisa tersingkir di halaman utama situs mesin pencari Google. Sebaliknya, berita positif digeser ke halaman utama Google. Ada banyak taktik dan strategi untuk mencapai sasaran ini, mulai dari forum, media sosial, content marketing, buzzer, SEO (search engine optimation) dan lainnya. Namun, pembahasan kali ini, akan menitik beratkan pada strategi.

Seperti diketahui, saat ini kita sudah masuk era ZMOT (Zero Moment of Truth), di mana netizen akan mencari informasi, referensi, atau rekomendasi di mesin pencari Google, sebelum mereka memutuskan sesuatu.

Begitu juga dengan perusahaan publik, bisa divonis miring dari hasil pencarian. Coba bayangkan, jika netizen mencari informasi dengan kata kunci nama korporasi/Anda di mesin pencari Google, kemudian hasil pencariannya adalah banjir rumor negatif, kritik, komplain, tudingan, berita dan informasi atau review negatif. Tim ORM akan mengimplementasi strategi SEO dengan menyiapkan 10 artikel di digital asset (blog atau website yang sudah optimal). Kemudian, kesepuluh artikel tersebut akan dioptimalkan dengan strategi SEO white hat (strategi SEO yang mengikuti algoritma Google).

Goal atau objektif utama dari strategi ini adalah agar hasil pencarian rumor negatif yang sebelumnya muncul di halaman satu, akan pindah ke halaman dua atau ke belakang. Kini, posisinya di halaman satu Google dikuasai berita positif kita karena 10 artikel yang sudah dioptimalkan sukses menggeser berita negatif dengan strategi SEO.

Kesuksesan Tim ORP ini ditentukan kemampuannya menggeser konten negatif ke halaman dua atau di halaman yang lebih belakang lagi. Begitu juga soal kecepatan waktu menjadi hal yang menentukan. Semakin cepat munculnya konten positif perusahaan publik di halaman satu google, tentu akan semakin sukses.

Menghalau Badai

Badai sudah berlalu, atau krisis sudah berhasil dilalui jika langit sudah menjadi bersih. Tidak ada lagi polusi udara yang kotor berisi sampah-sampah rumor negatif pengganggu. Artinya, di dunia online sudah memuat konten- konten positif, di Google halaman 1 tidak ada lagi berita-berita negatif yang mengganggu reputasi perusahaan publik. Kini, yang muncul berita resmi dari Public Expose, Press Release ataupun Press Conference.

Meskipun demikian kita harus waspada, terkadang ada krisis susulan. Tim Komunikasi dan Tim ORP harus tetap siaga dan berjaga-jaga untuk antisipasi jangan-jangan ada tsunami susulan ataupun gempa susulan.

Setelah situasi dan kondisi dipastikan aman dan krisis pun sudah berhasil dilewati, kini saatnya perusahaan publik melambungkan lagi citranya, termasuk semua merek produk dan jasa yang dimilikinya. Semoga sukses.

(*) Tulisan ini sudah dipublikasikan di media Investor.id

Budi Purnomo S.IKom, M.IKom, pernah memimpin Media Center sejumlah tokoh nasional, dan berpengalamaan menangani masalah krisis citra, persepsi publik, dan reputasi : baik korporasi swasta, perusahaan publik, maupun BUMN. Tulisan-tulisannya seputar manajemen reputasi dan restorasi citra bisa dilihat di blog Budipurnomo.com

Kini, Budi bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) – Media Restoration Agency, dan tim Master SEO Indonesia,  menyediakan waktu untuk membantu personal dan korporasi/instansi yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM),  Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT). 


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

POLITIK & HUKUM

Menteri BUMN Erick Thohir Diminta Copot Dirut KAI, Begini Alasannya

Published

on

Direktut Utama PT Kereta Api Indonesia KAI (Persero), Edi Sukmoro. (Foto : Instagram @osingdeles)

Sumutraya.com, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didesak untuk mencopot Edi Sukmoro dari jabatannya sebagai Direktut Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Edi dituding telah melakukan pelecehan dan kejahatan terhadap undang-undang, serta pelecehan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo terkait investasi.

“Kami mohon kepada bapak Menteri BUMN untuk segera memberhentikan Edi Sukmoro dari jabatannya selaku Direktur Utama PT KAI,” tegas advokat Kapitra Ampera selaku kuasa hukum PT Priamanaya Transportasi dan PT Dizamatra Powerindo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Ia juga menuding orang nomor satu di KAI itu telah melakukan perbuatan sewenang-wenang menghambat investasi yang akan dilakukan oleh kliennya di proyek pembangunan rel keret api interkoneksi di Provinsi Sumatera Selatan.

Kapitra juga menudung Dirut KAI ini melanggar surat persetujuan dari Menteri BUMN Nomor S-18/MBU/01/2020 tanggal 8 Januari 2020 yang pada intinya menyetujui kerjasama pembangunan prasarana pendukung angkutan batubara dan kerjasama sewa lahan bagi pembangunan container yard.

Ia mengklaim kedua kliennya sudah mengantongi seluruh izin prinsip dan penerapan trase perkeretapiaan khusus pada tahun 2014 dan 2015. Bahkan, untuk menjalankan proyek ini, pihak Priamanaya sudah menyiapkan investasi sebesar USD400 juta. Dari nilai investasi tersebut, perusahaan yang bergerak disektor tranportasi ini bisa mengangkut batubara sebesar 10 ribu ton per tahun untuk kebutuhan PLN.

Namun sayang, hingga saat ini KAI melalui Dirutnya Edi Sukmoro belum juga memberilkan persetujuan dan izin operasional bagi perusahaan milik pengusaha Djan Faridz tanpa disertai alasan. Akibatnya, Kapitra memperkirakan negara kehilangan potensi pendapatan negara bukan pajak (PNPB) berupa royalti sebesar Rp362 miliar per tahun.

“Negara juga berpotensi kehilangan pendapatan dari pajak (PPN dan PPh) sekitar Rp374 miliar per tahun dari penjualan batu bara,” beber Kapitra.

Terkait potensial lost dari Dizamatra, negara kehilangan pendapatan sekitar Rp195 miliar di tahun pertama dan sebesar Rp390 milair mulai tahun ke-3 sampai ke tahun 20. “Perbuatan Dirut KAI ini telah melanggar ketentuan perundangan-undangan dan menyebabkan kerugian negara akibat hilangnya potensi pendapatan yang seharusnya didapatkan,” pungkas Kapitra.

Sementara ketika hal ini dikonfirmasi, Vice President Public Relations KAI, Yuskal Setiawan belum bisa memberikan komentar apapun terkait tudingan tersebut. Melalui pesan aplikasi, Yuskal mengatakan, akan mengecek terlebih dulu proyek yang dimaksud.

“Kami cek dulu ya, karena ini 5 tahun yang lalu, setahu saya setiap pekerjaan yang dilaksanakan harus sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya kepada wartapenanews.com. (war)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NEWS

Skye Restaurant and Lounge Nikmati Indahnya Jakarta Waktu Malam di Skye Bar Restaurant

Published

on

Skye Restaurant ini memiliki tempat yang luas baik indoor maupun outdoor.

Sumutraya.com, Jakarta – Bagi warga Jakarta yang sehari-harinya sibuk dan lelah dengan beban pekerjaan serta kemacetan, mencari hiburan untuk sekedar melepas penat adalah hal yang wajar. Salah satu alternatif tempat seru untuk melepas penat sekaligus hangout bareng teman adalah Skye Restaurant. Tempat yang satu ini dipastikan bakal membuat kamu ingin balik lagi karena menawarkan sesuatu yang keren.

Kamu bisa janjian makan siang atau makan malam dengan teman atau orang terdekatmu dengan suasana romantis di tempat ini. Jika ingin menikmati indahnya ibukota dan pemandangan Jakarta pada malam hari yang spektakuler, sebaiknya kamu melakukan reservasi di tempat untuk datang pada malam hari.

Mengenal Skye Restaurant and Lounge Secara Sekilas

Jika kamu ingin menikmati makan siang atau makan malam kamu dengan suasana yang berbeda, datang saja ke tempat ini karena restoran ini bukan restoran biasa pada umumnya. Skye Restaurant menawarkan sesuatu yang lebih dari hanya sekedar tempat makan dan minum. Suasana, desain ruang, menu serta konsep yang ditawarkan oleh tempat ini dijamin bakal membuat kamu balik lagi untuk bisa menikmati lebih lagi.

Konsep dan Suasana Skye Restaurant

Resto yang beralamat di Menara BCA Lantai 56, Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat ini memiliki tempat yang luas baik indoor maupun outdoor. Kamu bisa langsung menuju lokasi dari Menara BCA ke lantai 56 maupun melalui Gramedia Lt. 3. Untuk tempat makan di dalam ruangan (indoor) berupa restaurant dan bar yang dapat kamu pilih sebagai lokasi makan siang atau makan malam kamu. Sedangkan untuk bagian outdoornya dimanfaatkan sebagai bistro pada siang hari dan berubah menjadi lounge bila malam tiba.

Desain interior serta arsitektur tempat ini banyak mendapat pengaruh dari Amerika Latin. Di bagian outdoor terdapat kolam dan jacuzzi dengan air berwarna biru dan hiasan berupa matahari di dasar kolam. Tempat ini merupakan tempat favorit untuk menikmati kerlap kerlip indahnya Jakarta di malam hari.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati cemilan dan minuman yang sudah dipesan untuk melepas penatmu. Pemandangan kota Jakarta di malam hari yang luar biasa indah pastinya akan membuatmu terpesona.

Skye Jakarta Menu

Jika kamu ingin bersantap atau sekedar hangout di tempat ini, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Tempat ini menyajikan masakan Jepang, Asia Tenggara, Italia, Meksiko dan masakan internasional lainnya. Buat kamu yang vegetarian, tidak perlu kuatir untuk bersantap di sini karena tersedia menu makanan yang sesuai untuk seorang vegetarian.

Contoh menu yang menjadi andalan resto ini antara lain Beef Short Ribs, Crispy Shrimp Tacos, Tuna Feuillette, Crispy Oatmeal Prawns dan masih banyak lagi. Harga makanan yang ditawarkan di Skye yang dapat kamu temukan di Traveloka Eats berkisar antara Rp200.000 sampai Rp500.000 per kepala. Jika ingin duduk di sofa di depan kolam renang, ada minimum pembelian adalah senilai Rp1.200.000

Jam buka restoran ini mulai pukul 17:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB pada hari Minggu sampai Kamis. Khusus untuk hari Jum’at resto ini buka mulai pukul 17:00 hingga pukul 24:00 WIB.

Peraturan Skye Restaurant

Buat kamu yang belum pernah mengunjungi tempat ini, perhatikan bahwa ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi ketika bersantap di sana, antara lain:

  • Untuk bisa menikmati Lounge harus berumur minimal 19 tahun yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku
  • Dilarang menggunakan celana pendek, sandal jepit maupun sandal biasa. Harus rapi menggunakan sepatu.
  • Dilarang mengenakan tanktop ataupun singlet
  • Untuk wanita harus mengenakan gaun atau pakaian formal
  • Untuk laki-laki pakaian semi-formal, tidak boleh menggunakan kaos

Bagaimana? Seru kan? Pastikan kamu segera melakukan reservasi untuk melepas penat dan menikmati indahnya Jakarta di malam hari di laki-laki di Skye Restaurant. Kamu bisa cari informasi selengkapnya di Traveloka Eats dan dapatkan berbagai macam promonya. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BALAIKOTA

Manchester City Tetap Favorit Liga Champions

Published

on

Manchester City masih bertengger di posisi dua klasemen Liga Inggris dengan 51 poin dari 25 pertandingan.

Sumutraya.com, Inggris – Walau tertinggal 22 poin dari Liverpool sang pemuncak klasemen sementara liga Inggris, Manchester City tetap menjadi tim favorit untuk mampu menyabet trofi si Kuping Kembar.

Di undian babak 16 besar Liga Champions Man City akan berduel sengit dengan raksasa Spanyol yaitu Real Madrid, tim yang sudah 13 kali memenangi trofi akbar tersebut, terbanyak dari semua klub di Eropa.

Oleh karena itu semua mata tertuju pada partai besar ini, sang juara bertahan Liga Inggris melawan pengoleksi terbanyak Liga Champions.

Perang urat syaraf pun telah dilancarkan. Eks penyerang Man City, Shaun Goater mengatakan Real Madrid sebaiknya berhati-hati lantaran ada sosok Pep Guardiola.

“Tidak ada manajer yang lebih baik dari pada Guardiola. Jadi, Real Madrid akan sedikit ketakutan” katanya seperti dilansir situs UEFA.

Memang jika dilihat dari sejarah Pep Guardiola tercatat sebagai pelatih yang paling sering mengalahkan klub ibu kita Spanyol tersebut, dengan membukukan 9 kemenangan atas Real Madrid.

Duel Manchester City vs Real Madrid kali ini diprediksi berlangsung amat seru, jika dilihat dari komposisi pemain dan pelatih dari kedua tim tersebut.

Pertandingan leg pertama akan digelar di Santiago Bernabue pada 27 Februari 2020 dan, leg kedua digelar di Etihad Stadium pada 18 Maret 2020.

Menjuarai Liga Champions bisa jadi penyelamat wajah Guardiola , karena pada musim ini peluang The Cityzens untuk mempertahankan Liga Inggris sangat kecil karena mereka sudah tertingal 22 poin dari Liverpool. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending